5 Hadist Beribadah di Bulan Ramadhan dan Keutamaannya

Beribadah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Berikut merupakan hadist mengenai ibadah di bulan Ramadhan agar kita semakin giat untuk mencari pahala di bulan tersebut.

  1. Sahur

“Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah ‘Azza wa Jalla dan para Malaikat bersalawat kepada orang yang makan sahur” (HR. Ahmad No. 11086, Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: sanadnya shahih). Selain itu, sahur juga dapat membuat puasa kita menjadi lebih kuat, jangan pernah melewatkan sahur ya.

  1. Puasa Ramadhan

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu.” (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266). Maka, janganlah melewatkan puasa Ramadhan karena ini juga merupakan bagian dari rukun islam.

  1. Berbuka Puasa

“Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Ada juga hadist yang mengatakan bahwa berbuka puasa harus disegerakan, artinya kita harus segera berbuka setelah adzan magrib dikumandangkan.

  1. Shalat Tarawih

“Dari Abi Hurairah radliyallahu ‘anh Rasulullah gemar menghidupkan bulan Ramadhan dengan anjuran yang tidak keras. Beliau berkata: ‘Barangsiapa yang melakukan ibadah (shalat tarawih) di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridha dari Allah, maka baginya di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat” (HR Muslim). Tarawih juga hanya dapat dilakukan ketika bulan Ramadhan, jadi jangan lewatkan kesempatan emas ini ya.

  1. Tadarus

Dari Abdullah bin Masud, Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka dia mendapatkan satu kebaikan. Dan satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali. Saya tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR.  Al-Tirmidzi).

 

Itulah 5 hadist mengenai ibadah di bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar artikel ini bermanfaat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.